Latest News

Trump Ancam Perang Dagang, RI Siap Lawan


Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump meneror dapat memakai tarif bea masuk 124 product asal Indonesia.

Meski sebenarnya Indonesia merupakan diantara negara Generalized Sisytem of Preference (GPS) dari pemerintah AS, ialah negara yang beroleh layanan kemudahan bea masuk dari negara maju utk beberapa produk export negara berkembang serta miskin.

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita menyampaikan, ancaman AS itu lantaran ada defisit dalam interaksi perdagangan AS-Indonesia. Meski sebenarnya, kata dia, ada kekeliruan hitung dari pihak Amerika Serikat. Utk menyelesaiakan permasalahan itu, Enggartiasto mengakui sudah berkirim surat pada pihak AS.

" Yang GSP-nya, kita termasuk juga dalam daftar negara yang punya surplus yang besar. Tetapi kami juga telah kirim surat serta kita telah memberikan tentang yang tentu ada ketidaksamaan angka dahulu, bagaimanakah menghitungnya, jumlahnya defisit mereka dengan surplus kita berlainan angkanya, " kata Enggartiasto.

Enggartiasto mengakui sudah mendekati pemerintah AS. Bahkan juga duta besar Indonesia utk AS juga turun tangan lakukan pendekatan.

" Dubes kita di Amerika juga memberikan pendekatan, serta saya sendiri lakukan komunikasi dengan Amerika utk memberikan keyakinan, karena secara prinsip kita tak sepakat dengan perang dagang, seluruh pihak dapat dirugikan, kita lebih puas dengan sinergi, " kata dia.

Biarpun demikian, kalau Amerika Serikat masih mendesak bea masuk dari Indonesia, Enggartiasto mengatakan siap melawannya.

" Tapi seandainya kita bisa dorongan, jadi hal tersebut dapat kita melakukan. Sama seperti dengan Amerika Serikat serta China, tetapi itu dapat beresiko di semua dunia, ” kata dia.

Enggartiasto mencontohkan diantara perlawanan yang sempat dijalankan pada pemerintah Norwegia. Norwegia melarang masuknya import sawit dari Indonesia, pihak Indonesia juga meneror tak lagi mengijinkannya komoditi andalan Norwegia ialah ikan salmon masuk ke Indonesia. Selanjutnya, perlawanan itu sukses serta pihak Norwegia batal memblokir kelapa sawit asal Indonesia.

Karena itu, dia yakin dapat menghambat perang dagang Amerika dengan Indonesia. " GSP ini kita masihlah dalam percakapan tidak untuk masuk dalam watch daftar itu, serta kelak kita dapat kaji, ” kata dia.

Ancaman Perang Dagang AS ke Indonesia

Pada awal mulanya, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tengah ambil ancang-ancang utk mencabut lebih dari satu perlakuan privat yang didapatkan Amerika pada Indonesia.

Ketua Umum Asosiasi Pebisnis Indonesia (Apindo), Hariyadi Sukamdani menyampaikan kalau ancaman itu sesungguhnya telah digerakkan Trump dengan mencabut GSP (Generalized Sistim of Preferences) product tekstil Indonesia.

" GSP memanglah utk tekstil telah ditarik dari Januari waktu lalu. Maka memanglah AS menterapkan itu bukan cuma ke China, tetapi seluruh negara yang dia defisit, termasuk juga Indonesia. Maka memanglah ini tantangan ke kita. Yang saya tau tekstil ya, tekstil telah dicabut GSP-nya, " jelasnya di Kantor APINDO, Jakarta, Kamis 5 Juli 2018.

Dia memaparkan, Trump mencabut GSP pada negara yang alami defisit neraca perdagangan. " Memanglah keseluruhannya Trump menyaksikannya yang dia defisit dipotong saja segalanya. Semoga tidaklah sampai kesana ya, " jelas dia.

Jadi info, GSP merupakan sistim pengecualian resmi dari ketentuan yang lebih umum dari WTO yang mengharuskan tiap-tiap negara anggota WTO menterapkan tarif import perdagangan yang sama juga dengan semua negara anggota yang lain.

Dengan GSP, negara anggota WTO bisa turunkan tarif untuk negara-negara yang kurang berkembang, tanpa adanya mesti turunkan tarif utk negara-negara kaya.

Ketua APindo Bagian Interaksi Internasional Shinta Kamdani menyampaikan sekarang ada kira-kira 124 product Indonesia yang tengah di-review GSP-nya oleh AS.

" GSP kita tengah di-review, serta ada kira-kira 124 product serta bagian yang sekarang tengah dalam kupasan, termasuk juga di dalamnya kayu plywood, cotton, beraneka macam. Tekstil sich sesungguhnya tak masuk dalam 124 product itu ya, tetapi dia juga mengenai dapat di-review secara detail utk lebih memperoleh kemanfaatannya. Lalu ada juga beberapa produk pertanian, udang serta kepiting seandainya tak salah, ini saya sekali lagi review list-nya juga, " kata dia.

Shinta memaparkan kalau GSP dicabut jadi bea masuk product export Indonesia ke AS dapat jadi lebih mahal. " Tetapi prinsipnya, itu yang maka kuncinya, lantaran seandainya kita kehilangan GSP-nya, kita export ke sana semakin tambah mahal lantaran tarifnya lebih tinggi, " tambah dia.

Meskipun demikian, dia menyampaikan, Indonesia tetap dapat menginginkan gagasan itu tak berlanjut ke product yang beda. Ancang-ancang perang dagang pada AS serta Tiongkok diinginkan jadi pertimbangan untuk Trump utk mengurungkan maksudnya.

" Usaha diplomasi kesana telah ada, baik pemerintah ataupun asosiasi kan kita di panggil kesana utk hearing. Saat ini akhirnya telah tiba public hearing, kelak kita asosiasi, importir dari sana juga di panggil, kelak ada panel pendukung serta panel oposisi. Dalam lebih dari satu bln. berikut, " tukasnya.

" Tetapi sesungguhnya saya menyaksikan tempat kita cukuplah baik ya, lantaran perang dagang AS-China, mereka gak bisa saja dapat utk confront seluruh negara di seluruh lini. Maka kita cobalah ngambil positifnya saja deh, " tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Harian Indonesia Support By 99onlinebola Agen Judi Bola

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.