Latest News

Sejarah Pilkada DKI Berulang, Petahana Tak Pernah Menang


Sejarah Pilkada DKI Berulang, Petahana Tak Pernah Menang

Kekalahan calon gubernur petahana DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dari kompetitornya, Anies Baswedan, dalam arena Pilkada DKI 2017 mengingatkan pada keadaan sama yang dihadapi bekas Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo saat bertanding untuk perpanjang saat jabatannya sebagai gubernur di Pilkada DKI 2012.

Pria yang akrab disapa Foke ini gagal menjabat sebagai orang nomor satu di Ibu Kota sepanjang dua periode. Dia alami kekalahan pada Pilkada DKI 2012.

Fauzi Bowo serta Prijanto adalah pasangan gubernur serta wakil gubernur pertama hasil penentuan segera warga DKI Jakarta dalam pilkada. Terlebih dulu, Foke adalah pendamping Sutiyoso sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Sutiyoso serta Foke adalah pasangan yang menang pada penentuan gubernur serta wakil gubernur di DPRD DKI Jakarta th. 2002.

Pada 16 Agustus 2007, pasangan Fauzi Bowo-Prijanto yang di dukung Partai Demokrat unggul dalam pilkada pertama segera di Jakarta melawan kompetitornya, Adang Daradjatun serta Dani Anwar dari PKS dengan 57, 87% nada pemilih. Fauzi Bowo juga menukar Sutiyoso sebagai Gubernur Jakarta periode 2007-2012 pada tanggal 7 Oktober 2007.


Tetapi, saat Foke menginginkan perpanjang jabatan Gubernur DKI dalam dua periode, langkahnya berhenti di Pilkada DKI Jakarta 2012.

Pilkada DKI 2012 berjalan dua putaran. Pada putaran pertama, berkompetisi enam gunakan cagub serta cawagub. Pasangan pertama, Fauzi Bowo serta Nachrowi Ramli yang diusung tujuh partai.

Pasangan ke-2, Hendardji Soepandji serta Ahmad Riza Patria yang maju lewat jalur berdiri sendiri. Ketiga, pasangan Joko Widodo serta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang diusung PDI Perjuangan serta Partai Gerindra.

Pasangan ke empat, Hidayat Nur Hidayat serta Didik J Rachbini yang diusung PKS. Pasangan ke lima, Faisal serta Biem Triani Benjamin yang juga maju lewat jalur berdiri sendiri. Pasangan paling akhir yaitu Alex Noerdin serta Nono Sampono yang diusung 11 partai.

Pasangan Foke-Nachrowi serta Jokowi-Ahok sukses melaju ke Pilkada DKI 2012 putaran ke-2 dengan perolehan nada 34, 05% serta 42, 6%.

Sesaat, pada putaran ke-2 Pilkada DKI 2012, Foke-Nachrowi mesti mengaku elektabilitas Jokowi-Ahok dengan perolehan nada 46, 18% serta 53, 82%.


Tetapi, Jokowi menjabat sebagai orang nomor satu di Ibu kota tidaklah sampai akhir saat jabatan. Pasalnya, dua th. menjabat sebagai gubernur, Jokowi memperoleh mandat dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Sukarnoputri, untuk maju dalam Penentuan Presiden 2014.

Dengan cara automatis, Ahok yang menjabat sebagai Wagub DKI naik pangkat jadi Gubernur DKI dengan wakilnya Djarot Saiful Hidayat.

Sebagai petahana, Ahok-Djarot masihlah mempunyai peluang untuk meneruskan kepemimpinannya di Ibu Kota. Keduanya juga mencalonkan diri dalam Pilkada DKI 2017.

Pada Pilkada DKI 2017, Ahok-Djarot mesti berkompetisi dengan dua paslon lain, yaitu Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni serta Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Berdasar pada perhitungan KPU DKI, dua paslon Ahok-Djarot serta Anies-Sandi maju ke putaran ke-2 Pilkada DKI. Ahok-Djarot mencapai 42, 99 % nada, sesaat Anies-Sandiaga peroleh 39, 95 % nada.

Tetapi, lagi-lagi pada Pilkada DKI 2017 putaran ke-2, sang petahana mesti mengaku kemenangan pendatang baru. Anies-Sandi sukses menang dengan perolehan nada sekitaran 60 %.

Hasil kalkulasi cepat Voxpol Center Reseach & Consulting pada jam 19. 00 WIB dengan keseluruhan nada sesaat 100 % Ahok-Djarot peroleh 40, 6 %, sedang Anies-Sandi peroleh 59, 4 % nada.

Sesaat hasil kalkulasi cepat Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada jam 19. 00 WIB, dengan keseluruhan nada sesaat 100 % Ahok-Djarot peroleh 41, 9 % serta Anies-Sandi peroleh 58, 1 Persen

Untuk hasil kalkulasi cepat Charta Politika pada jam 19. 00 WIB dengan keseluruhan nada sesaat 100 %, Ahok-Djarot memperoleh 42, 1 %, sesaat Anies-Sandi peroleh 57, 9 %.

Support :  http://99onlinebola.com/situs-judi-slot-online-indonesia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Harian Indonesia Support By 99onlinebola Agen Judi Bola

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.